Laptop dan Game

Posted: April 18, 2013 in Info, Tips & Trik, Uncategorized

Alkisah, suatu pagi ada seorang mahasiswa mengunjungi NEO Computer :

Mahasiswa            :  “Pagi Mas…”

NEO Computer    :  “Ya, pagi… ada yang bisa dibantu mas?”

Mahasiswa            :  “Ada PES2013 mas?”

NEO Computer    :  “Ada.”

Mahasiswa            :  “Tolong langsung pasangkan ya mas, ini saya bawa laptop saya.”

NEO Computer    :  “Oke.” (Sambil menerima laptop) “Kita coba dulu ya kuat apa nggak.”

Mahasiswa            :  “Pasti kuat, core i5 itu mas.” (Dengan bangga).

NEO Computer    :  (Menginstall PES2013 di laptop core i5 Mahasiswa, setelah selesai.) “Ni mas sudah selesai, silahkan dicoba gamenya.”

Mahasiswa            :  “Ok.” (Menclick 2x icon PES2013 di desktop laptopnya, ekspresi gembira terlihat di wajahnya ketika game PES2013 terbuka. Tapi tak lama ekspresi tersebut sirna, berganti ekspresi terkejut.) “Koq gamenya menutup ya mas pas mau tanding?”

NEO Computer    :  “Oh keluar ya mas? Kayaknya Laptop mas tidak kuat deh.”

Mahasiswa            :  “Lho kok bisa mas? Inikan sudah core i5 mas, harganya 6 juta lho mas.” (Bingung.)

NEO Computer    :  “Gini mas, Laptop dalam menjalankan game tidak hanya bergantung pada processor, tetapi juga pada RAM dan VGA.”

Mahasiswa            :  “RAM saya sudah 4GB lho mas.”

NEO Computer    :  “Wah bagus itu sudah ramnya. Coba kita sama-sama cek VGAnya.”

Mahasiswa            :  “Ok.”

NEO Computer    :  “Nah mas, bisa mas lihat sendiri penyebabnya VGA.”

Mahasiswa            :  “Kenapa dengan VGA saya mas?”

NEO Computer    : “VGA mas masih intel HD dengan VRAM 64MB, sementara spesifikasi komputer atau laptop yang diperlukan untuk menjalankan PES2013 adalah processor dual core 2,4GHZ, RAM 2GB, dan VGA dengan VRAM 256MB.”

Mahasiswa            :  “Trus, supaya bisa main PES2013 laptop saya bisa diupgrade tidak mas?”

NEO Computer    :  “Sayang sekali mas kebanyakan laptop yang bisa diupgrade hanya harddisk dan RAM saja. Sedangkan untuk VGA, sepengetahuan saya masih belum bisa upgrade.”

Mahasiswa            :  “Wah harus ganti laptop donk berarti?”

NEO Computer    :  “Kalau mas mau bisa kita pasang PES2012 aja…”

Mahasiswa            :  “Ya deh, daripada ngga ada gamenya sepi…”

Kejadian seperti di atas mungkin pernah kita alami, ingin memainkan Games di laptop, tapi koq tidak bisa. Banyak juga pelanggan NEO Computer yang mengalaminya, untuk itulah NEO Computer mencoba share apa yang perlu diperhatikan dalam memilih Laptop yang bisa ‘ngegame’.

Dalam memainkan Games di PC atau Laptop, ada yang namanya Game Minimum System Requirements atau dengan kata lain spesifikasi terendah dari PC atau Laptop untuk memainkan game. Biasanya yang wajib kita perhatikan ada 3 hal, yaitu ; Processor, RAM dan VGA.

Mari kita jabarkan satu-satu :

Processor

Dulu yang harus kita perhatikan pada processor adalah pada clock processornya. Biasanya tertulis dalam Ghz contohnya Pentium IV 2,8 Ghz. Tapi akhir-akhir ini setelah bermunculan processor dengan Multi Cores (banyak inti), pengembang Games memasukkan syarat banyaknya jumlah cores processor juga ke dalam System Requirements Game mereka. Contoh untuk Games PES2013 minimum system requirements processor sekarang adalah dual cores processor 2,4Ghz, sedangkan pada PES2012 hanya membutuhkan processor single core Pentium IV 2,4Ghz. Jadi untuk sekarang yang diperhatikan dari processor adalah core clock dan jumlah core dari processor laptop untuk memainkan Games favorit kita.

RAM

Untuk RAM sebenarnya lebih mudah, tinggal kita lihat berapa minimum RAM yang diminta Games, kalau misalkan Laptop yang kita beli kurang RAMnya tinggal upgrade.

VGA

VGA atau Video Graphic Adapter, adalah salah satu komponen penting selain processor untuk menunjang aktivitas gaming laptop kita. Dan karena komponen ini belum bisa diupgrade pada laptop, jangan sampai salah memilih laptop dengan VGA berkemampuan rendah. Pabrikan yang jago memproduksi VGA gaming sementara ini adalah NVidia dan AMD Radeon, jadi lebih direkomendasikan membeli laptop dengan VGA Nvidia atau AMD Radeon dengan Seri GPU terbaru dan VRAM minimal 512MB. Urgensi membeli Laptop dengan VGA berGPU terbaru adalah untuk memainkan Games terbaru yang menuntut GPU bisa menjalankan direct 11, sedangkan untuk VRAM kebanyakan Games sudah cukup dengan VRAm 512Mb. Akan tetapi beberapa Games paling anyar seperti Games Crysis 3 sudah meminta minimum VRAM 1GB, jadi tidak berdosa kalau membeli laptop dengan VRAM 1GB.

 

Dari penjabaran di atas maka jelas, bila ingin membeli laptop selain faktor harga yang pas dikantong, juga ada 3 hal yang tidak kalah penting, yaitu ; processor, RAM, dan VGA. Jangan sampai sudah mahal-mahal beli, pas pengen ngeGAME malah laptopnya tidak sanggup.

Kebanyakan pengguna baru, biasanya ketika ditanya mau laptop untuk apa. Mereka menjawab, “cuma untuk mengetik aja koq”. Padahal dengan berjalannya waktu, melihat teman-temannya pada seru main Games di laptop, timbul juga keinginan  ngeGAME di laptop. So jangan sampai nyesal, pilihlah laptop yang sesuai. NEO Computer siap membantu dan meberikan layanan terbaik untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s