11 Tips Agar Kinerja Komputer Maksimal

Posted: April 6, 2011 in Tips & Trik

Setiap pengguna komputer pasti menginginkan kinerja komputernya selalu maksimal, tidak ngadat, dan awet. Akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak tahu apa yang mesti dilakukan agar keinginannya itu tercapai. Berikut “NEO Computer” bagi-bagi tips untuk merawat komputer kesayangan anda agar tidak rewel :

  1. Selalu jaga kondisi kebersihan komputer anda, terutama pada bagian kipas processor, sekitar memory dan bagian dalam power suplay. Jangan lupa untuk membersihkan semua komponen secara berkala atau apabila komponen tersebut sudah terlalu kotor. Apabila anda takut untuk membersihkan bagian dalam CPU, mintalah bantuan kepada orang yang lebih berpengalaman. Memang kelihatannya sepele namun kami sering menemukan, komputer tidak mau masuk windows atau bahkan tidak mau hidup sama sekali, hanya karena motherboars atau slot memory yang tertimbun debu.
  2. Perhatikan sirkulasi udara komputer anda, usahakan agar sirkulasi udara baik dalam ruangan maupun pada casing komputer mengalir dengan baik. Hindari penempatan casing pada tempat yang aliran udaranya terhambat. Aliran udara yang tidak lancar akan menyebabkan suhu dalam casing akan naik. Kenaikan suhu ini akan menyebabkan putaran kipas prosesor, chipsets dan periperal lainnya akan meningkat. Akibatnya komponen elektronik di dalam komputer cepat menjadi aus karena overheating. Tambahkan kipas yang bertujuan untuk aliran masuk udara dan pembuangan aliran udara (cooling system) untuk hasil yang maksimal.
  3. Atur konfigurasi bios anda, tempatkan konfigurasi 1st boot device ke harddisk operating system anda. Hal ini bertujuan agar komputer langsung memeriksa harddisk anda ketika proses booting, hasilnya proses booting komputer akan lebih cepat.
  4. Masih di pengaturan bios. Khusus untuk komputer yang tidak memanfaatkan fitur LAN, off kan saja LAN adapter pada setting bios. Tips ini selain akan mempercepat proses booting, juga akan menghemat penggunaan memory, karena sistem operasi tidak akan meload LAN card.
  5. Rutin melakukan pembersihan drive system,usahakan agar Space kosong pada Drive tempat anda menginstall sistem operasi (biasanya Drive C:) tidak kurang dari 5GB (untuk windows XP), karena space yang terlalu kecil akan membuat system akan menjadi berat. Anda bisa melakukannya dengan mengunistall program yang tidak terpakai, menghapus data yang tidak penting dan diskclean up.
  6. Atur virtual memory. Virtual memory berfungsi untuk membantu memory utama dalam menyimpan sementara data yang akan di proses oleh komputer. Kita dapat mengatur besarnya penggunaan virtual memory ini dengan cara klik kanan My Computer–> Properties–> Advance–>pada bagain performance kilk settings–> advance–> Change. centang pada bagian custom size, Pada kotak dibawahnya isikan saja nilainya sesuai keinginan anda. Namun perlu di ingat, semakin besar virtual memory maka proses shut down akan semakin lama. Hal ini disebabkan karena pada saat komputer di shut down, windows akan membersihkan pagefile terlebih dahulu. Saran kami, apabila anda mempunyai memory 128MB, atur virtual pada 700MB-an. 256MB pd 600MB-an. dan 512MB pada 400-500MB-an.
  7. Rutin melakukan defragmen. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.
  8. Pakailah UPS atau stavolt. Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
  9. Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yg akhirnya dapat memperpendek umur komponen/komputer.
  10. Install program antivirus dan update secara berkala Untuk dapat mengenali virus/trojan2 baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yg terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.
  11. Bersihkan Recycle Bin secara rutin Sebenarnya file/folder yg kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yg sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet.Caranya jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle BinAtau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yg mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yg lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK.

Demikian tips dari kami, “NEO Computer” siap melayani jika anda butuh bantuan kami dalam menjaga kinerja komputer anda.

Komentar
  1. […] 2 partisi membuat kita lebih mudah merawat harddisk (disk clean up, defragment dan checkdisk). Tempatkan game dan antivirus di partisi “d:”, system […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s